Bisnis Layangan Laris Manis di Masa Pandemi Corona

Kita tahu, bahwasannya dunia sedang dirundung duka mendalam atas mewabahnya virus Corona atau Covid-19 ini. Bahkan kemunculannya dari awal tahun 2020 sampai ingin mendekati  akhir tahun 2020, pandemi ini masih saja kuat berkutik dalam kehidupan manusia. Semoga saja, masalah dari virus corona ini segera pulih dan segera bangkit negaraku Indonesia. Walau masa pandemi masih berlangsung, lalu perketatan seperti PSBB masih dijalankan oleh pemerintah dari seluruh daerah yang ada, tetap saja warga negara Indonesia masih santuy dengan mereka asik mengadakan kontes layangan yang hadiahnya terkadang cukuplah besar. Banyak panitia yang mengadakan kontes layangan ini berdasarkan atas :

  • Bentuk layangannya
  • Lama bertahan dari layangan tersebut
  • Kualitas yang dimiliki layangannya 
  • Menarik tidaknya layangan tersebut 
  • Dll. 

Nah, dari masalah pandemi ini tak ayal masyarakat pun berbondong-bondong membuka usaha bisnis “ Layang-Layang”. Dimana, layang – layang yang diperjual belikan ini memiliki ukuran tak sewajarnya dan terkadang memiliki bentuk-bentuk unik sehingga, bisa membuat viral sebagian masyarakat yang ada di Indonesia. 

Untuk saat ini layang-layang bukan menjadi permainan anak-anak saja, tetapi sudah menjadi permainan untuk semua kalangan yang ada. Permainan tradisional yang satu ini, memang banyak sekali dimainkan oleh anak-anak jaman ‘90 an yang memiliki prinsip “ Enggak item berarti enggak pernah main layangan di sawah “ wkwkwkwkwk. Nah, untuk kalian yang ingin membuka bisnis layangan ini setidaknya harus melihat beberapa rekomendasi yang akan kita berikan di bawah ini. 

Protokol Kesehatan Bermain Layang-Layang 

Karena ini masih dalam masa pandemi, mau tidak mau pagelaran atau kontes dari layang-layang dijalankan dengan menggunakan protokol kesehatan. Yang sudah-sudah kami temui, banyak persyaratan yang beredar seperti : 

  • Tagline “ Kontes Layangan “ sesuai protokol yang ada
  • HTML dimulai dari 50K
  • Kalian yang ikut, dilarang menggunakan Sampul Plastik. Harus berbahan dasar kertas
  • Dilarang peteng tajam
  • Benang bisa bawa sendiri, panitia tidak menyediakan
  • Karena pandemi, Semua harus memakai Masker, Penyemprotan desinfektan, menggunakan hand sanitizer. 
  • Jarak dari setiap pemain harus 2 Meter. Jika tidak, maka tidak usah ikut acara yang kami laksanakan. 
  • Juara l, ll, lll akan mendapatkan uang tunai yang telah panitia sediakan. 
  • Keputusan Panitia tidak bisa diganggu apalagi di gugat. Makasih ya warge 

Nah, itu dia yang kami temukan perihal persyaratan atau brosur masalah kontes layangan yang ada. Kira-kira di tempat kalian seperti ini juga kah ? atau justru tidak mengadakan karena benar-benar mematuhi peraturan dari pemerintah ? ya sebijaknya dari pemimpin daerah setempat yang kalian tinggali saja lah ya.. 

Membuat Layang-Layang dari Bahan Kantong Sampah 

Ada yang pernah membuat layangan dari Kantong Sampah ? layang-layang ini banyak disebut dengan layangan eddy. Kami sendiri tidak tahu mengapa penyebutan namanya seperti itu, yang jelas kami tahu layangan ini cukup sederhana dan dibuat dengan menggunakan kantong plastik sampah aja. Berikut ini akan kita beritahu cara dalam membuat layang-layang tersebut, dan kalian bisa memberi harga tersendiri untuk menjual layangan ini. 

Bahan-Bahan membuat layangan Eddy : 

  • Siapkan plastik kantong sampah yang masih layak pakai dengan ukuran 183 x 2.54 cm.
  • Lalu sediakan pasak sebesar 0,3 cm dengan sebanyak 2 buah.
  • Sediakan Plester dan juga Gunting. 

Caranya

  1. Kalian bisa memotong bahan kantong plastik tadi, dengan cara melipat kantong  menjadi 2 lalu potonglah dengan bagian sama besar. 
  2. Kalian pasang bambu atau pasak yang sudah disediakan secara vertikal menggunakan plester dan lipat secara seimbang. 
  3. Tempelkan kembali bambu atau pasak ini dengan cara horizontal menggunakan plester yang ada. 
  4. Jika sudah benar, bentuknya seperti simbol silang pada lubang layangan yang ada. 
  5. Kalian bisa merekatkan dengan 4 plester pada tongkat di dekat lubang tengah agar nantinya bisa menjadi kuat.
  6. Lalu, sedikitnya kalian lengkungkan perentang dengan cara memberikan garis tekanan di bagian belakangnya. 
  7. Kalian tempel di satu sisi perentang dengan menggunakan plester dan tariklah menjadi lengkung 5cm. 
  8. Jangan lupa, kalian tempelkan ke sisi perentang yang satu lagi menggunakan plester yang ada. 
  9. Jangan lupa, kalian ikat ekor pada bagian bawah. Dan ekornya dari kantong plastik yang ukurannya 183×2,54 cm.
  10. Pasanglah benang layang-layang pada bagian kedua tongkat yang sudah bersilangan. Selesai deh.
  11. Kalian bisa jual, dengan target pasar yang ada. Untuk layangan eddy ini di pasaran mungkin Rp. 10.000 ke atas sesuai dengan gambar.

Rekomendasi menjual Layang-Layang dengan Bentuk Unik 

Jika kalian sudah mengetahui cara membuat layang-layang secara sederhana. Maka, saat ini kalian harus mainkan kreasi yang kalian miliki untuk jauh lebih hidup dan juga berkembang. Berikut ini, kami akan memberikan adanya macam model layang-layang unik yang berbeda dari biasanya dan ini akan membawa keuntungan tersendiri bagi kalian. 

Jual Beli Layang-Layang Burung Bali 

Ada yang sudah pernah melihat layang-layang yang satu ini ? dimana, layang-layang ini dikagumi oleh banyak orang di luaran sana. Kalian yang bermain layang-layang memang bukan sekedar mainan biasa saja, selain menjadi hobi juga bisa menguntungkan untuk kalian semua yang ingin mencobanya. 

Dari jenis Layang-layang Burung Bali ini, kalian bisa menemukan banyak sekali warna pada layangannya. Jika kalian malas untuk menerbangkan layang-layangnya, maka bisa untuk kalian jadikan pajangan utama pada dinding ruang tamu yang kalian miliki. Bentuk dari layangan ini memang unik dan juga menarik untuk bisa kalian pilih. Bahan dari layangannya sendiri berbahan kain Bali yang ukurannya mencapai 60x90x10 cm. Tidak lupa, variasi dari motif warnanya juga banyak. 

Harga yang bisa dipatok : Rp 70,000 – Rp. 100,000.00– per buahnya. 

Jual Beli Layang-Layang Kupu-Kupu 

Pecinta layang-layang bukan hanya dikhususkan untuk kaum pria kan ? nah, dalam hal ini wanita juga bisa ikut ambil adil kok. Bagaimana tidak, karakter dari kupu-kupu ini sangat cocok jika disandingkan oleh sepasang kekasih yang menerbangkannya secara bersamaan. Wah romantis banget pastinya. 

Layangan ini benar-benar mirip dengan Kupu-Kupu. Warna yang dimiliki dari layangannya bagus dan bentuk dari kepala layang-layang juga dibuat semirip mungkin dengan hewan yang aslinya. Dengan warna yang indah, kemiripan yang nyata, pastinya untuk tipe ini banyak digandrungi oleh banyak pemain dimanapun mereka berada. 

Layangan hias kupu-kupu ini sangat keren dan memiliki bahan dasar kain parasut lembut dan juga memiliki kualitas yang tinggi. Jadi, layang-layang ini tidak mudah sobek dan mudah sekali untuk dilipat. Ukurannya dari 85×45 cm. Bisa cocok untuk dimainkan oleh 1 keluarga atau juga sepasang kekasih. 

Harga yang bisa dipatok : Rp 65,000 – Rp. 70,000.00– per buahnya. 

Jual Beli Layang-Layang Elang 

Untuk jenis yang satu ini mungkin masuk kategori layang-layang yang sudah lama ada. Walau begitu, mainan ini masih saja banyak diminati untuk saat ini. Terutama sekali di daerah yang memiliki tekanan udara jauh lebih tinggi. Misalnya : main di persawahan, dekat aliran sungai, atau pantai. 

Layang-layang yang memiliki bentuk elang ini tidak kalah menarik dengan bentuk lainnya. Mainan ini memang di didesain untuk semua kalangan , dari anak-anak hingga orang dewasa. Layangannya memiliki model single line yang mana berkerangka depan dan juga mudah sekali untuk dirakit. Selain itu, yang menjadikan layangan ini mahal adalah, bahan dari layangannya tahan terhadap air. Jadi, sewaktu-waktu kotor layangannya bisa dicuci dan di bongkar pasang. KEREN ABIZ !!! 

Harga yang bisa dipatok : Rp 50,000 – Rp. 370,000.00– per buahnya. 

SELAMAT BERBISNIS …