Bisnis yang Dilakukan Orang Terkaya di Dunia

Beberapa orang terkaya yang ada di dunia mendapatkan hartanya dengan cara melakukan berbagai bisnis. Bisnis yang mereka lakukan pada akhirnya mampu menghasilkan uang hingga miliaran dolar per tahunnya. 

Tidak heran jika pada akhirnya kekayaan yang dimiliki mereka semakin menggunung. Beberapa nama bahkan memiliki jumlah kekayaan yang fantastis dan banyak yang menyebut jika kekayaan mereka tersebut tidak akan habis tujuh turunan.

Memiliki harga atau nilai hingga triliunan kini bukanlah sebuah mimpi belaka saja, beberapa orang terkaya di dunia ini sudah membuktikannya. Dengan deretan bisnis yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah pada setiap bulannya. Penasaran bisnis apa saja kah yang berhasil mereka jalankan, serta siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah beberapa bisnis yang dilakukan oleh orang-orang kaya dunia.

Jeff Bezos

Orang pertama yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia pertama adalah pemilik perusahaan belanja online termahal dan paling terkenal di dunia Amazon. Jeff Bezos, dirinya dikatakan sebagai salah satu orang terkaya, lantaran berhasil memiliki kekayaan hingga mencapai US$ 131 miliar, atau yang setara juga dengan Rp1.830 triliun (kurs Rp14.000/ dolar AS). Bahkan dari bisnis perusahaan Amazon tersebut kekayaan yang dimilikinya akan semakin meningkat pertahunnya, dengan lonjakan yang mencapai US$ 19 miliar. 

Nilai perusahaan Amazon sendiri yang merupakan perusahaan belanja online termahal ini dapat menyaingi Microsoft. Nilai dari perusahaan yang dimilikinya tersebut mencapai US$ 810 miliar atau jumlah tersebut setara dengan Rp11.340 triliun, sedangkan nilai perusahaan Microsoft pada saat ini hanya berkisar di angka US$ 790 miliar. 

Saham yang dimilikinya di Amazone ini mencapai 16%. Selain saham di perusahaan Amazone tersebut, ada beberapa daftar bisnis lainya dengan pundi-pundi penghasilan lainya seperti memiliki perusahaan pesawat luar angkasa blue Original serta media Washington Post

Bill Gates

Orang terkaya di dunia selanjutnya adalah Bill Gates. Kekayaannya sendiri diperkirakan berasal dari beberapa bisnis yang dirinya miliki seperti kepemilikannya terhadap saham sebesar 2,5% di perusahaan Microsoft. 

Selain itu, dirinya juga memiliki aset terbesar di perusahaan investasi yang menanamkan modalnya di berbagai perusahaan lain, perusahan tersebut bernama Cascade investment. Beberapa diantaranya seperti , Ritz, Four Seasons, serta strategic hotels yang mengelola hotel mewah dengan taraf Intercontinental.

Selain itu, ada beberapa saham yang ternyata dimiliki oleh pria yang satu ini, seperti perusahaan teknologi, perusahaan pengelola sampah republic services, yaitu Sera Ecolab. Hingga pada saat ini kekayaan dari Bill Gates diketahui telah mencapai US$ 96,5 miliar atau setara dengan Rp1.350 triliun.

Warren Buffett

Warren Buffett Juluki sebagai salah satu investor tersukses sepanjang masa atau yang lebih dikenal sebagai ‘Oracle of Omaha’ Karena dirinya memiliki kekayaan mencapai US$ 82,5 miliar atau yang setara dengan Rp1.150 triliun. 

Tentunya sudah sangat jelas bahwa Buktinya bisnis yang dimilikinya berasal dari investasi yang dilakukan nya. Ia memiliki beberapa saham di perusahaan Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan investasi yang memiliki lebih dari 60 perusahaan penyalur, contohnya perusahaan pembuatan Baterai Duracell, perusahaan asuransi Geico, serta juga perusahaan rantai restoran Dairy Queen.

Sang investor terbaik yang satu ini sudah mulai melakukan investasi sejak umurnya masih 11 tahun. Pada usianya yang menginjak 13 tahun ia sudah mulai mengajukan wajib pajak untuk pertama kali. 

Namun, dirinya juga berjanji akan menyumbangkan kekayaannya sebesar 99%. Lalu kemudian merealisasikannya dengan memberi sumbangan untuk yayasan teman–temannya seperti halnya Bill dan Melinda Gates pada tahun 2018 sebesar US$ 3,4 miliar.

Bernard Arnault

Orang terkaya di dunia yang selanjutnya dengan total kekayaan mencapai US$ 76 miliar atau yang juga setara dengan Rp1.060 triliun yaitu seorang pria bernama Bernard Arnault. Ia sendiri adalah seorang CEO dari perusahaan mewah paling terkenal di dunia, yaitu LVMH. Pria yang juga memiliki banyak bisnis besar berhasil membawanya pada deretan orang terkaya di dunia. 

Melalui LVMH, dirinya juga telah berhasil membawahi 70 merek ternama. Beberapa diantaranya yang sangat terkenal seperti produk fashion dari Louis dan Sephora. Serta masih banyak lagi beberapa merek terkenal dunia lainnya. Bahkan banyak sumber yang juga mengatakan jika puncak laba yang mereka hasilkan pada tahun 2018 lalu yang disebabkan oleh peningkatan permintaan dari konsumen yang berasal dari Tiongkok.

Bisnis yang sudah Dirinya bangun sejak lama ini memang sudah membuahkan hasil yang sangat baik. Pada tahun 1985 dirinya pernah mengeluarkan sebagian uang dari bisnisnya yang pada saat itu mencapai US$ 15 juta untuk membeli Christian Dior. Bakat bisnisnya pun diikuti oleh sang putri yang bernama Delphine yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden eksekutif Louis Vuitton serta menjadi anggota komite eksekutif LVMH.

Carlos Slim Helu

Negara Meksiko juga menyumbang satu orang saya di terkaya di dunia yang memiliki deretan bisnis yang Mentereng dengan mudah milyaran dolar per tahunnya, ia bernama Carlos Slim Helu. Kekayaannya yang saat ini sudah mencapai US$ 64 miliar atau setara dengan Rp 896 triliun. Sebuah perusahaan terbesar yang berada  di Amerika yaitu America Movil. Perusahaan telekomunikasi seluler yang satu ini berada di bawah kendali Carlos Slim Helu dan keluarganya.

Satu–satunya perusahaan telepon asal Meksiko yaitu perusahaan Telmex yang berhasil dikuasai dengan membeli sebagian sahamnya. Dan berkat kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi asing lainya. Kini Telmex juga sudah menjadi bagian dari America Movil. 

Selain itu, pria paruh baya tersebut memiliki beberapa bisnis lain dengan penghasilan yang tidak kalah fantastisnya. Ia memiliki saham di sebuah perusahaan konstruksi Meksiko, barang-barang konsumsi, pertambangan, serta beberapa real estat. Selain itu, ia juga memiliki sekitar 17% saham dari The New York Times

Museum Soumaya di Meksiko City yang merupakan sebuah rumah bagi koleksi seni eklektik slik yang ekstensif di desain oleh menantu laki-lakinya yang bernama Fernando Romero. Media sosial yang diciptakan di lingkungan kampusnya itu kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Mark Zuckerberg

Meski dirinya tidak pernah lulus kuliah, Mark merupakan miliarder termuda dalam daftar orang terkaya di dunia saat dirinya masih berusia 33 tahun, sekaligus dirinya menjadi pemimpin dan CEO Facebook. Kantor Facebook sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia. Hingga saat ini, Facebook sebagai sebuah perusahaan media sosial, yang memiliki kekayaan sebesar $400 miliar

Sama seperti Warren Buffet, Mark dan juga istrinya Priscilla Chan berkomitmen untuk nantinya mendonasikan 99% total kekayaan tersebut lewat inisiasi Chan Zuckerberg untuk berbagai kegiatan konstruktif di seluruh dunia.

Demikian itulah beberapa informasi mengenai bisnis yang dikerjakan oleh orang-orang terkaya di dunia. Bisnis-bisnis tersebut pada akhirnya mampu menghasilkan nilai uang yang jumlahnya sangat fantastis. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mulai berbisnis seperti mereka?